mgid.com, 749656, DIRECT, d4c29acad76ce94f

Varian Omicron Dipastikan Belum Terdeteksi di Indonesia

JAKARTA, postserang.com
Kabar adanya 4 warga Jakarta yang menjalani tes Covid-19 di Laboratorium Farmalab Cikarang, Kabupaten Bekasi terpapar virus corona varian Omicron, dibantah oleh Satgas Penanggulangan Covid-19. Bahkan Satgas memastikan bahwa belum terdeteksi di Indonesia. Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito pada konferensi pers melalui kanal Youtube Lawan Covid-19, Kamis (9/12/2021)

Wiku memastikan, virus baru Corona B.1.1.529 atau Omicron belum terdeteksi di Indonesia. Pemerintah tetap memantau perkembangan varian tersebut melalui pemeriksaan sampel dari pelaku perjalanan internasional.

“Pemerintah terus memonitor varian Covid-19 melalui sequencing spesimen pelaku perjalanan di tiap pintu masuk yang tersebar di Indonesia. Dan sampai sekarang belum ditemukan kasus dengan varian Omicron,” ujar Wiku.

Kata dia, saat ini laboratorium di seluruh Indonesia telah mampu mendeteksi karakteristik genetik sekitar 500-600 sampel per hari. Pemerintah juga mengoptimalkan kapasitas pemeriksaan atau testing Covid-19 dengan alat tes yang memiliki sensitifitas tinggi.

“Ini untuk mendukung upaya peningkatan sequencing khususnya spesimen pelaku perjalanan dari negara-negara yang terdeteksi mengalami transmisi komunitas akibat varian Omicron,” ujarnya.

Joe/red

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *